Iran Peringatkan Negara Teluk Perihal Kehadiran AS

GETTY IMAGES/MAJID
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam sebuah penampilannya, November 2007. Pekan ini, surat kabar Inggris, The Daily Telegraph, mengungkapkan penelusurannya bahwa Ahmadinejad-sebelum pindah agama dan berganti nama-bernama Sabourjian, sebuah nama Yahudi di Iran.

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memperingatkan negara-negara Teluk, Kamis (11/3/2010), perihal kehadiran AS di wilayah itu. Ahmadinejad mengatakan, Washington bertujuan untuk menguasai sumber energi mereka atas nama perang melawan terorisme.

Iran yang menentang kehadiran militer AS di perbatasannya dengan Irak, Afganistan, dan kawasan Teluk mengatakan, intervensi militer Barat merupakan akar dari ketidakamanan di kawasan tersebut. "Kami memperingatkan negara-negara di kawasan (Teluk) atas kehadiran kekuasaan yang suka menggertak, mereka datang ke sini bukan untuk memulihkan keamanan atau mengatasi perdagangan obat bius," kata Ahmadinejad dalam pidato pada sebuah kunjungannya ke Provinsi Hormuzgan di wilayah selatan Iran.

Ia menuduh Barat sedang berencana untuk menguasai sumber-sumber energi di Teluk dan mengatakan, "Orang-orang di wilayah ini akan memenggal tangan mereka dari minyak di Teluk Persia."

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Iran Peringatkan Negara Teluk Perihal Kehadiran AS"

Post a Comment

Powered by Blogger