Gempuran AU Yaman Tewaskan Tiga Bos Al Qaeda


SANAA, KOMPAS.com - Serangan oleh angkatan udara Yaman telah menewaskan tiga anggota Al Qaeda, termasuk pemimpin kelompok itu di Abyan, seorang pejabat keamanan di provinsi di wilayah selatan tersebut mengatakan, Selasa (16/3/2010).

"Pemimpin Al Qaeda di Abyan, Jamil Nasser Abdullah al-Ambari, Samir al-Sanaani dan Ahmed Amzarba tewas" dalam serangan Minggu, kata direktur keamanan provinsi Kolonel Abdel Razak al-Marwani.

Ambari, pemimpin berusia 25 tahun dari Aden, kota penting di Yaman selatan, berada dalam daftar 152 gerilyawan yang paling dicari kementerian dalam negeri.

Situs Internet 26sep.net kementerian pertahanan sebelumnya melaporkan bahwa dua anggota Al Qaeda tewas dalam serangan udara terhadap "sel teroris" di daerah Moudia, 480 Km di tenggara ibukota Sanaa.

Angkatan udara telah menyerang yang diduga sebuah kamp latihan Al Qaeda di daerah yang sama Senin, kata kementerian pertahanan.

Sebuah pernyataan singkat mengatakan serangan itu dilakukan di Moudia, tapi tidak menyebutkan secara khusus apakah seseorang telah tewas atau terluka dalam serangan itu.

Seorang pejabat keamanan, yang minta untuk tidak disebutkan namanya, menyatakan jenasah yang rusak dari mereka yang tewas dibawa ke rumah sakit untuk tes DNA, dan memberi kesan korban tewas dapat mencapai sebanyak sembilan orang.

Beberapa warga Moudia yang AFP capai melalui telepon menyatakan serangan itu menimbulkan korban sipil tapi tidak memberikan jumlahnya.

Yaman telah meningkatkan operasi terhadap cabang Al Qaeda setempat sejak kelompok itu menyatakan bertanggung jawab atas upaya yang gagal untuk meledakkan sebuah pesawat AS akhir Desember lalu.

AS menurut laporan telah memasok Yaman dengan data intelijen dan bantuan lainnya dalam operasinya terhadap gerilyawan. Tapi Presiden Barack Obama menyatakan ia "tidak ingin" mengirim tentara.

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Gempuran AU Yaman Tewaskan Tiga Bos Al Qaeda"

Post a Comment

Powered by Blogger