Kelompok Militan Berunding dengan Pemerintah Afghanistan

Hekmatyar pimpinan Hezb e Islami (Foto: BBC)
KABUL - Delegasi dari kelompok militan terbesar kedua di Afghanistan, melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintah setempat di Kabul. Delegasi dari Hezb e Islami melakukan pembicaraan untuk meraih kesepakatan damai dengan pihak pemerintah.

Hezb e Islami merupakan salah satu dari tiga kelompok militan di Afghanistan, kelompok ini sendiri terpisah dari Taliban. Kelompok ini menyuarakan rencana perdamaian guna menyelesaikan konflik di Afghanistan.

Delegasi ini Hezb e Islami dikepalai oleh Qutbuddin Helal, yakni seorang mantan perdana menteri dan wakil dari pimpinan perang Gulbuddin Hekmatyar. Kelompok militan ini seringkali melakukan perlawanan terhadap tentara NATO dan pasukan Afghanistan di wilayah selatan dan utara.

"Kami dapat memastikan jika delegasi Hezb e Islami saat ini berada di Kabul untuk melakukan pertemuan dengan Presiden (Karzai)," ungkap Waheed Omar juru bicara dari Presiden Afghanistan Hamid Karzai, seperti dikutip Reuters, Senin (22/3/2010).

Hezb e Islami dan Taliban sebelumnya bersekutu untuk melawan Pemerintahan Afghanistan dan menentang keberadaan pasukan asing. Namun pada awal bulan ini kedua kelompok ini terlibat baku tembak di Provinsi Baghlan dan menewaskan 60 anggota militan. Perselisihan keduanya ini dipicu perebutan kekuasaan di wilayah pedesaan serta pembagian pajak.

Hezb e Islami dianggap sebagai sebuah kelompok militan yang amat berbahaya pada masanya. Bersama dengan Taliban kelompok ini seringkali membuat aksi kekerasan di Afghanistan. Pada Maret 2007 lalu, pemimpin kelompok militan ini Hekmatyar sempat ditawarkan untuk bernegosiasi dengan pemerintah. (faj) (rhs)

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kelompok Militan Berunding dengan Pemerintah Afghanistan"

Post a Comment

Powered by Blogger