Nigeria Kembali Rusuh, 12 Orang Tewas

Kerusahan sentimen agama sering terjadi di Nigeria (Foto: AP)

LAGOS
- Nigeria kembali mengalami kerusuhan berbau sentimen agama. Kali ini sebuah desa kecil  diserang oleh kelompok tidak dikenal, menyebabkan 12 warga setempat tewas.

Desa yang mayoritasnya beragama Kristen ini diserang oleh sekelompok tidak dikenal pada sekira pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Taktik pelaku pun sama dengan aksi yang sebelumnya pernah terjadi, yakni membakar rumah warga untuk menarik mereka keluar rumah dan kemudian pelaku menyerang warga dengan parang.

Sekira 12 warga dilaporkan tewas dalam insiden ini termasuk dua orang anak kecil juga turut dibantai. Tiga orang lain dikabarkan terluka sementara 15 rumah ludes terbakar dalam serangan yang terjadi dalam semalam. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (17/3/2010).

Peristiwa ini menambah panjang daftar kekerasan berbau sentimen agama yang terjadi di Nigeria. Pekan lalu kerusuhan serupa yang terjadi di kota Jos, menyebabkan lebih dari 200 warga yang sebagian beragama Kristen tewas dalam aksi pembantaian. Sebelumnya pada Januari, lebih dari 300 warga Muslim di Kota Jos juga tewas dalam kerusuhan serupa.

Nigeria dengan jumlah penduduknya mencapai 150 juta jiwa, terbagi dalam dua kelompok agama yang jumlahnya hampir sama. Sebagian besar warga Nigeria yang tinggal di wilayah Utara memeluk agama Islam, sementara warga yang di sebelah selatan memeluk agama Kristen.

Sementara kerusuhan terbaru ini terjadi di wilayah pusat Nigeria yang dianggap sebagai wilayah campuran, dimana puluhan kelompok etnis saling berebut kendali atas tanah yang dianggap subur di wilayah ini.

Peristiwa terakhir menambah jumlah warga Nigeria yang tewas menjadi ribuan akibat kekisruhan berbau sentimen agama dan perselisihan politik, selama hampir satu dekade terakhir. Kerusuhan pada September 2001 telah menewaskan lebih dari 1,000 orang.

Sementara pertempuran antara warga Muslim-Kristen pada 2004 menyebabkan lebih dari 700 warga tewas, sedangkan 300 warga lain tewas dalam insiden serupa di tahun 2008. (faj)(rhs)

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Nigeria Kembali Rusuh, 12 Orang Tewas"

Post a Comment

Powered by Blogger