AS Gagal Bawa Perdamaian ke Timteng

William Burns (Foto: Press TV)
ISTANBUL - Upaya untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian Timur Tengah sejauh ini telah gagal untuk mencapai hasil apapun, kata Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat William Burns.

"Saya berharap dapat berdiri di hadapan Anda sekarang ini dan menunjukkan kemajuan substansial ke arah tujuan kami, (tetapi) saya tidak bisa," aku Burns dalam konferensi Institut Timur Tengah, yang dikutip dari Press TV, Rabu (11/11/2009).

Namun ia menegaskan bahwa pemerintahan Presiden Barack Obama akan tetap berkomitmen untuk solusi dua negara dalam mengatasi konflik Israel-Palestina, dan menegaskan bahwa pembekuan kegiatan perluasan permukiman Israel masih menjadi sikap AS dalam masalah ini.

"Kami tidak menerima legitimasi berlanjutnya permukiman Israel," kata Burns kepada wartawan.

Burns mengeluarkan pernyataan ini sehari setelah Obama dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu di Gedung Putih. Laporan perpecahan di antara kedua pemimpin telah muncul.

Netanyahu, yang koalisi sayap kanannya termasuk dalam partai-partai pro-pemukim, telah menolak seruan Obama untuk membekukan total pembangunan permukiman ilegal di daerah pendudukan Tepi Barat. Syarat itu dianggap oleh warga Palestina sebagai pra-syarat untuk melanjutkan perundingan damai.(jri)

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "AS Gagal Bawa Perdamaian ke Timteng"

Post a Comment

Powered by Blogger