Serangan di Yaman Tewaskan Pemimpin Lokal Al Qaeda

SANAA, KOMPAS.com - Seorang pemimpin lokal Al-Qaeda di provinsi Abyan, Yaman selatan, tewas dalam serangan tengah malam, kata seorang pejabat keamanan, Senin (15/3/2010). Sementara, serangan udara terus berlangsung pada hari kedua.

Jamil Nasser Abdullah al-Ambari (25), yang termasuk dalam daftar militan yang diburu, adalah salah seorang dari dua pemimpin Al-Qaeda yang tewas dalam serangan pada Minggu larut malam, kata pejabat itu kepada AFP.

Pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya itu tidak mengungkapkan nama korban tewas yang satunya.

Situs berita kementerian pertahanan 26sep.net melaporkan sebelumnya, serangan udara Minggu malam terhadap sebuah "sel teroris" di distrik Moudia, provinsi Abyan, menewaskan dua anggota senior Al-Qaeda. "Angkatan udara kami melancarkan serangan terhadap unsur-unsur teroris yang merencanakan serangan terhadap instalasi vital (dan) dua pemimpin Al-Qaeda tewas," kata sebuah pernyataan di situs kementerian tersebut.

Angkatan udara melanjutkan serangan Senin dengan sasaran tempat yang diduga sebuah kamp pelatihan Al-Qaeda di daerah yang sama, kata kementerian pertahanan.

Kementerian itu tidak menyebutkan apakah ada yang tewas atau cedera dalam serangan terakhir itu.

Pasukan Yaman meningkatkan operasi serangan terhadap cabang Al-Qaeda di Yaman, yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan gagal pada akhir Desember untuk meledakkan sebuah pesawat penumpang AS.

Sebelumnya bulan ini, seorang pejabat keamanan mengatakan, 11 orang ditangkap di Sanaa, ibukota Yaman, atas tuduhan merencanakan serangan-serangan untuk kepentingan Al-Qaeda.

Pada Februari, pasukan keamanan menangkap tiga tersangka anggota Al-Qaeda dan membunuh tujuh pemimpinnya, termasuk komandan penting kelompok itu di Yaman, Qassem al-Rimi, dan Abdullah Mehdar, seorang pemimpin Al-Qaeda di provinsi Shabwa.

Negara-negara Barat dan Arab Saudi, tetangga Yaman, khawatir negara itu akan gagal dan Al-Qaeda memanfaatkan kekacauan yang terjadi untuk memperkuat cengkeraman mereka di negara Arab miskin itu dan mengubahnya menjadi tempat peluncuran untuk serangan-serangan lebih lanjut.

Yaman menjadi sorotan dunia ketika sayap regional Al-Qaeda AQAP menyatakan mendalangi serangan bom gagal terhadap pesawat penumpang AS pada Hari Natal.

AQAP menyatakan pada akhir Desember, mereka memberi tersangka warga Nigeria "alat yang secara teknis canggih" dan mengatakan kepada orang-orang AS bahwa serangan lebih lanjut akan dilakukan.

Para analis khawatir bahwa Yaman akan runtuh akibat pemberontakan Syiah di wilayah utara, gerakan separatis di wilayah selatan dan serangan-serangan Al-Qaeda. Negara miskin itu berbatasan dengan Arab Saudi, negara pengekspor minyak terbesar dunia.

Sanaa menyatakan, pasukan Yaman membunuh puluhan anggota Al-Qaeda dalam dua serangan pada Desember.

Kedutaan Besar Inggris di Sanaa juga menjadi sasaran rencana serangan bunuh diri Al-Qaeda yang digagalkan aparat keamanan Yaman pada pertengahan Desember.

Sebuah sel Al-Qaeda yang dihancurkan di Arhab, 35 kilometer sebelah utara ibukota Yaman tersebut, "bertujuan menyusup dan meledakkan sasaran-sasaran yang mencakup Kedutaan Besar Inggris, kepentingan asing dan bangunan pemerintah", menurut sebuah pernyataan yang dipasang di situs 26Sep.net surat kabar kementerian pertahanan.

Selain pemberontakan, Yaman juga dilanda penculikan warga asing dalam beberapa tahun ini.

Orang-orang suku di kawasan miskin Yaman seringkali melakukan penyanderaan untuk menekan pemerintah agar memberikan bantuan, pekerjaan, atau membebaskan orang-orang suku rekan mereka yang ditahan.

Lebih dari 200 warga asing diculik di Yaman dalam 15 tahun terakhir. Hampir semua orang yang diculik itu dibebaskan tanpa cedera setelah penengahan yang melibatkan pemimpin-pemimpin suku.

Namun, pada 2000, seorang diplomat Norwegia tewas terperangkap dalam tembak-menembak, dan pada 1998 empat orang Barat tewas tertembak ketika militer berusaha membebaskan mereka dari kelompok muslim garis keras yang menyandera 16 wisatawan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Serangan di Yaman Tewaskan Pemimpin Lokal Al Qaeda"

Post a Comment

Powered by Blogger